Tuesday, February 17, 2009

SWOT

Sebelum mengenali orang lain, kenali diri sendiri dengan mengalisa diri melalui SWOT (strength, weakness, opportunity and threaten)


Tugas :
1. Kenali diri sendiri melalui analisis SWOT
2. Tugas dikirim melalui email,
a. berbentuk file
b. subject : nama mahasiswa_kelas_matakuliah_nama tugas

Catatan :
Selamat mengerjakan tugas

21 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Salam..

    Bu, maksud dari tugas di atas 'menganalisa diri melalui swot' perihal apa? edukasikah? keadaan psikiskah/kepribadiankah? ekonomikah? etc, atau menganalisa semua lini?
    Mohon diperjelas njeh..

    Syukria..

    ReplyDelete
  4. Buat Syukria,
    Tugasnya adalah menganalisa diri sendiri (semua yang menunjukkan keberadaan diri saudara), bisa tentang fisik, psikologis, sosial, kepribadian dan lain-lain. Mulai dari yang paling sederhana, yang saudara anggap sebagai kelebihan, misalnya : berani bertanya (seperti yang sekarang ini saudara lakukan, bertanya kepada saya).
    Sudah mengerti? Jika belum, saudara bisa mengirim langsung by email ke alamat saya. Terima kasih sudah berpartisipasi dalam mata kuliah saya. Saya tunggu pertanyaan selanjutnya dari saya.

    ReplyDelete
  5. dalam tugas analisa SWOT, apa ibu juga membantu mahasiswa ibu dalam mengatasi masalah kekurangan dalam diri mereka terlebih dalam masalah belajar ?
    dan
    apa yang melatar belakangi ibu memberi tugas SWOT pada mahasiswa ibu ?

    OKI 2008A

    ReplyDelete
  6. Buat Oki
    Saya juga tidak yakin apakah analisis SWOT mampu mengatasi masalah yang terjadi pada mahasiswa. Saya hanya beranggapan bahwa banyak cara yang bisa saya lakukan untuk membuat mahasiswa menyadari tentang kelebihan yang dimilikinya, dan mengurangi atau menghilangkan kelemahan yang ada pada dirinya.
    Latar belakang menggunakan SWOT adalah..............coba dilihat tampilan di atas "i think its a time to make different way to learning and teaching".
    Semoga saudara berkenan bekerja sama dalam proses belajar mengajar ini.
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  7. menanggapi dari jawaban ibu diatas yang menyatakan bahwa "banyak cara yang bisa saya lakukan untuk membuat mahasiswa menyadari akan kelebihan". saya jadi penasaran, Selain analisa SWOT, cara apalagi yang bisa membuat mahasiswa menyadari bahwa kemauanya lebih besar dari rintangan yang ada. ?


    Johan Tri darta 2008 A

    ReplyDelete
  8. Bu saya pernah mendengar istilah SWOT dalam manajemen, apakah ibu mengadopsi istilah tersebut ?
    dan
    apa ini sebagai cara ibu dalam menemukan gaya belajar yang baru atau ini adlah salah satu bukti dari kata-kata diatas yang "i think its a time to make different way to learning and teaching" ?

    Tommy Pradhana 2008 A

    ReplyDelete
  9. Mengenai aNaLisa swOT saYa LebiH MengeTahui Tentang KeLeMahan saya yG SangaT BanyaK.. dengaN adanya Tugas ini Mulai saaT ini saYa akan LebiH MeMoTivasi diri saYa UnTuk MenJadi LebiH BaiK..

    Tp saYa MasiH BingUng deNgaN Motivasi aP saYa Bisa MenJadi LebiH BaeK..?

    Sofyan Tahta 2008/A
    081024030

    ReplyDelete
  10. sebelumnya saya sangat berterima kasih karena bu Damajanti telah memberikan tugas mengenai SWOT karena dalam tugas ini saya dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan saya akan tetapi kini saya mengetahui bahwa kelemahan saya lebih bsnysk dari pada kelebihannya, oleh karena itu saya mulai berusaha untuk menjadi pribadi yg lebih baik.

    terima kasih.....

    ReplyDelete
  11. mohon maaf sebelumnya, saya tidak begitu paham dengan analisa SWOT karena pada waktu kuliah PSDM saya tidak masuk karena saya berhalangan sakit, dan saya mencoba bertanya pada teman-teman tentang SWOT dan saya tertarik dengan analisa SWOT, karena saya mencoba jujur dengan diri sendiri dalam menganalisa diri saya sendiri.
    dan saya tanyakan adalah apa ibu punya buku atau refrensi lain dengan yang berhubungan dengan SWOT atau materi lain yang substansinya hampir sama dengan ini?

    terima Kasih

    Yusuf Efendi 22008 A

    ReplyDelete
  12. SEMANGAT !!

    Mengenai tugas analisis SWOT yang ibu berikan. Membuat saya tersadar akan hal - hal dalam kehidupan pribadi saya, yang selama ini kurang saya perhatikan
    Terutama bagaimana cara memecahkan masalah kelemahan pribadi saya ini. Salah satunya, "bahwa sampai saat ini saya belum mengetahui bakat atau kelebihan apa yang saya miliki ?"

    Yang saya tanyakan,
    Hal apa yang dapat membantu saya untuk menemukan jawaban tersebut ? apakah dengan jalan mengikuti pre-test ?

    Terima kasih,

    Dan terus kembangkan dengan ide - ide baru lainnya !!!!


    Siska W_TP'08 A

    ReplyDelete
  13. Buat Johan Tri,
    Ada beberapa cara untuk melihat kelebihan atau kelemahan diri, SWOT adalah salah satunya. Jika saudara sudah mampu menemukan kelebihan saudara, maka akan memacu saudara melakukan sesuatu yang lebih baik, istilahnya termotivasi. Motivasi inilah yang membuat saudara mampu menghadapi semua rintangan.

    ReplyDelete
  14. Buat Tommy Pradhana,
    Sepengetahuan saya, istilah ini memang digunakan pertama kali di dunia industri dan organisasi, meskipun saya tidak yakin.
    Saya hanya ingin mencoba cara baru, yang bisa mengubah paradigma belajar mengajar. Dan mungkin inilah waktu yang tepat untuk melaksanakannya, sesuai dengan kata-kata di atas.

    ReplyDelete
  15. Assalamualaikum War. Wab.

    Alhamdulillah ibu mengenalkan saya materi SWOT di saat yg tepat, dimana saya lagi stress, limbung karena masalah Kuliah, Kerja dan Keluarga (Ayah, Ibu dan Adik )

    Saya berTerima kasih dengan ibu menyuruh kmi membuat bagan SWOT, Ibu telah mengembalikan semangat saya untuk kuliah dan bekerja. dan mengingatkan kembali tujuan awal kuliah saya. dari tantangan itu saya terlecut untuk semangat lagi mengjar cita2 saya...

    mohon bimbingannya, Mohon maaf apabila ada salah2 kata.

    Wassalamualaikum War.Wab

    ReplyDelete
  16. assalamu'alaikum wwr. wab.
    thank you for gave us this lesson,SWOT is good for knew someone own personality,for create a creativity.

    mam,that all I want to ask,how do we handle about our threaten?although we knew what we have to do,but it's getting so hard for did.I mean,our brain want to did,but our body are refused to did the thing,and make our opportunity gone.so,how do we could handle that?

    thank you,and sorry if my vocabulary and tenses were worse.

    fajruddin_tp'08B

    ReplyDelete
  17. bu....,apakah dalam analisis SWOT setiap individu itu sendiri bisa menggali potensi dari kelebihannya itu, dan menjadikan kelemahan sebagai motivasi sehingga menjadi kekuatan pada diri itu??
    tapi , sampai saat ini saya belum bisa menemukan apakah pada analisis saya itu bisa menjadi kekuatan diri saya...
    tolong berikan masukan ya bu..


    terimakasih sebelumnya...


    Masfuf IstighFarin___TP'08A

    ReplyDelete
  18. Ass..

    Bu, i'm so confuse..
    Sya blum prnah mengexplore hal2 sprti SWOT sblumnya.. Jd sya btul2 bingung apa yg hrus sya tulis dan keluarkan! Sya takut apa yg sya utarakan nanti menjadi bumerang bagi saya..
    Untuk itu sya betul2 butuh bimbingan dari ibu..

    Terima kasih..
    Wass..

    Witarso Praditya TP'08A

    ReplyDelete
  19. assalamu'alaikum
    ibu saya mau tanya apakah dengan kita mengetahui tentang SWOT apakah dapat merubah diri kita ?
    karena saya masuh bingung tentang SWOT itu!
    elfira f TP'08 A

    ReplyDelete
  20. Assalamuaalaikum!!!

    How are you getting on mam????
    Your assignment about SWOT was so amazing. it really digging a tallent and weakness that I hav, a talent which should be improved, and a weakness that should be decreased.

    And surprisingly, my father had knew about SWOT, he has already done SWOT for his job, even he should be gone to a consultant to ask about it. But he didn't identified himself, he identified a community and it's environment.


    Mam.......I wanna ask about my assignment.Did you received my assignment that I sent via e-mail with name " Hafidza Silviana/ 08 B " thank you mam........

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  21. Assalamualaikum wr.wb

    Sebelumnya saya minta maaf pada ibu,sebab setelah menerima tugas tentang SWOT ini,dalam fikiran saya banyak banget pertanyaan tentang SWOT karena sebelumnya saya tidak pernah mendapatkan materi tentang ini.Begini bu,
    apakah dengan SWOT tersebut bisa mengubah paradigma belajar mengajar yang kita terapkan saat ini?,apakah dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan pribadi mahasiswa setiap individu?,apakah Latar belakang menggunakan SWOT untuk membuat mahasiswa menyadari tentang kelebihan yang dimilikinya,dan mengurangi atau menghilangkan kelemahan yang ada pada dirinya?,Dan apakah setelah mempelajari SWOT ini mampu mengatasi masalah kekurangan dalam diri mereka terlebih dalam masalah belajar ?

    ReplyDelete